Pihak Sekolah Harus Lakukan Ini untuk Meminimalisir Kecelakaan Pesawat Latih

Pada bulan Januari yang lalu, salah satu siswi di sekolah pilot swasta yang terletak di Banyuwangi mengalami kecelakaan pesawat latih ketika landing. Korban memang tidak mengalami luka berat tapi pesawat yang digunakannya mengalami kerusakan cukup parah. Kejadiaan memang tidak menyebabkan korban jiwa tapi pihak sekolah pilot harus menanggung kerugian besar baik secara finansial maupun reputasi. Tak dapat dipungkiri bahwa publik akan berspekulasi dan melontarkan opini miring tentang sekolah akibat kecelakaan tersebut. Anyway, untuk tidak mengalami pengalaman buruk ini, pihak sekolah disarankan untuk melakukan hal-hal berikut:

Mengatur jadwal pelatihan sebaik mungkin agar tak terganggu dengan jadwal penerbangan komersial

Apabila sekolah pilot memiliki landasan terbang sendiri, hal ini jelas tidak perlu dilakukan tapi jika sekolah masih memakai landasan terbang yang biasanya digunakan oleh pesawat-pesawat komersial, hal ini wajib untuk dilakukan. Mengapa? Jika jadwal tidak disusun dan dibuat dengan rapi, besar kemungkinan akan ada kecelakaan pada akhirnya. Bayangkan saja apabila siswa baru saja lepas landas dan kemudian pesawat komersial mau melakukan take off, siswa yang gugup dan panik bisa saja sembarangan menerbangkan pesawat dan akhirnya jatuh. Bagian paling buruk yang bisa saja terjadi adalah kecelakaan juga menimpa pesawat komersil yang mengangkut banyak penumpang. Jika ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, sekolah pilot sendiri yang akan terkena dampak buruknya. Mereka bisa saja dituntut dan sekolah tersebut bisa saja dibubarkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, pihak sekolah wajib mengatur jadwal pelatihan sebaik mungkin agar tak terganggu dengan jadwal penerbangan komersial.

Melakukan perawatan pesawat sesuai jadwal dan secara optimal

Pesawat latih yang sering digunakan wajib untuk mendapatkan perawatan agar kinerja mesinnya bisa terus diandalkan. Pada umumnya, perawatan pesawat dilakukan setidaknya enam bulan sekali. Pihak sekolah juga diharuskan untuk menyerahkan hal ini kepada orang-orang yang ahli di bidangnya, bukan orang yang baru dalam bidang perawatan pesawat. Hal ini penting untuk dilakukan agar mesin benar-benar dalam kondisi baik setelah dilakukan perawatan. Yang menjadi masalah adalah perawatan pesawat sering tidak dilakukan sesuai jadwal dan secara optimal sehingga performa mesin pesawat menurun dan hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Sebagai contoh, apabila mesin pesawat tiba-tiba tidak hidup ketika kadet sedang menerbangkannya, pesawat bisa saja jatuh secara mendadak atau jika roda pesawat macet ketika hendak mendarat, pesawat bisa saja terjungkal dan rusak parah.

Mempersiapkan kadet sebaik mungkin

Siap atau tidaknya kadet untuk menerbangkan pesawat merupakan factor penting untuk bisa atau tidaknya mereka melakukan tugas ini. Apabila mereka benar-benar siap, tentu kecelakaan pesawat bisa dihindari karena mereka sudah yakin dengan kemampuan mereka. Sebaliknya, jika mereka tidak atau belum siap tapi terpaksa melakukan hal ini, ada kemungkinan bahwa mereka akan mengalami kepanikan dan ketakutan sehingga hilang fokus dan terjadilah kecelakaan pesawat. Oleh karena itu, pihak sekolah diwajibkan untuk mempersiapkan kadet sebaik mungkin agar mereka bisa menjalankan tugas ini dengan baik dan resiko mengalami kecelakaan bisa diminimalisir. Bagaimana jika sekolah pilot sudah melakukan pekerjaan dengan baik tapi kadet masih merasa kurang siap. Terus motivasi mereka dan jelaskan bahwa jika mereka menunda-nunda, mereka sendiri yang akan rugi. Sebutkan kerugiaan apa saja yang akan mereka dapatkan agar mereka sadar bahwa mereka harus bisa melakukan kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *